Senin, 13 Juli 2009

Komunitas penulis usu...baru tau...kemana aja si boss!

jadi pingin ikutan...
Sejarah Kopisusu PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Administrator
Saturday, 17 January 2009

Dimulai ketika Fakultas llmu Sosial dan Politik (FISIP) dalam tim kerja Forum Imajinasinya mengadakan lomba penulisan yang melombakan penulisan puisi, cerpen dan esai. Tapi tunggu dulu! Di sini belum ada yang namanya Kopisusu. Event ini hanya merintis pemikiran-pemikiran kecil untuk membentuk tempat ngumpul mahasiswa-mahasiswa yang doyan nulis yang ternyata, banyak juga lo jumlahnya. Beberapa hari setelah itulah Adela Eka Putra Marza, mahasiswa Komunikasi Fisip, berinisiatif untuk mengundang penulis-penulis (biar keren sedikit titelnya) yang ikut dalam Lomba Imajinasi Fisip untuk bertemu. Awalnya hanya untuk saling tukar pikiran seputar tulis menulis. Namun, ternyata pemikiran untuk membentuk sebuah organisasi kepenulisan pun muncul.

Tanggal 6 mei 2007, Adela Eka Putra Marza (FISIP), Mayasari (Hukum) dan Arizona Maha (Ekonomi) mengawali cerita akan organisasi penulis independen yang berorientasi pada mahasiswa-mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Dalam pembicaraan mereka, bentuk komunitas independen ini ternyata dinilai lebih cocok untuk mewujudkan tujuan terbentuknya wadah ini. Yaitu sebagai tempat menumbuh kembangkan minat dan bakat menulis, terutama bagi mahasiswa USU. Setelah pemilihan nama yang cukup rumit. Akhirnya terucaplah (dalam dialek resmi ‘dicetuskan’) Komunitas Penulis USU yang disingkat KOPISUSU. Inilah hari lahirnya Kopisusu. Sejumlah agenda disiapkan. Tindakan-tindakan awal dilakukan, terutama pemberitahuan gagasan ini pada penulis lain yang mengikuti Lomba Imajinasi FISIP.

Pertemuan selanjutnya, dua belas mahasiswa USU berkumpul untuk mendengarkan gagasan yang disampaikan Ade, Maya dan Zona. Tanggapan positif diberikan oleh semua yang hadir. Dukungan diberikan, dan akhirnya semua sepakat untuk mendukung ide tersebut. Pada tanggal ini juga kepengurusan KOPISUSU terbentuk.

Bentuk kegiatan kopisusu berkaitan dengan pengembangan kemampuan menulis, baik itu fiksi maupun nonfiksi. Kpisusu juga membuka training-training yang bekerjasama dengan penulis-penulis senior yang telah eksis dan menjalin hubungan baik dengan kopisusu.

1 komentar:

  1. tks infonya. btw, maaf baru sempet kemari nih

    BalasHapus

Pengikut